WEBINAR MILLIONARE YOUTH NAHDLIYYIN ACADEMY (MYNA) BATCH II 2022, HARI KEDUA JUM'AT, TANGGAL 11 FEBRUARI 2022
WEBINAR MILLIONARE YOUTH NAHDLIYYIN ACADEMY (MYNA) BATCH II 2022 ini dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 11 Februari 2022.
Pembicara pertama adalah Bapak Dr. RER. NAT Jaenal Effendi, S.Ag. M.A (Kepala Badan Pengkajian Investasi dan Dana Sosial IPB), beliau membahas mengenai pentingnya Investasi bagi Generasi Z dan Millenial.
Kemudian dilanjut oleh Bapak Risky Mulya, beliau merupakan Top Seller Lazada, CEO Zerroto Billioner, X Trainer Lazada City Club. Dalam Webinar ini beliau membahas mengenai Digital Marketing melalui Marketplace. Kurang dalam penyampaian beliau mengungkapkan bahwa "Sekarang zaman sudah berubah, banyak orang berjualan melalui marketplace seperti lazada, tokopedia, shopee, dll. Melalui online orang sudah tidak perlu lagi pergi-pergi keluar, tinggal buka aplikasi saja langsung bisa mendapatkan barang yang dicari. Untuk berjualan online harus paham trik-triknya, misalkan memberikan discount Flash Sale agar menarik perhatian pembeli dan toko kita muncul di beranda marketplace tersebut. Bisnis Online maupun Offline yang penting niatnya bisnis dulu, kalau kita hanya coba-coba doang, capeknya gitu-gitu aja, asal mau sabar, kerja keras dan kerja ikhlas insyaallah dapat mencapai target".
Lalu dilanjutkan oleh Bapak Wahyu Saputro, Beliau merupakan pengurus IMNU Jogja, SEO Specialist at Tonjoo, SEO Specialist at Hipwee dan SEO Consultan at Dalenta Group. Banyak sekali materi yang beliau sampaikan, yang pertama ialah mengenai Search Engine Optimization (SEO) Starter Guide.
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optinization artinya ilmu praktis untuk meningkatkan Visibilitas situs di Mesin Telusur. Manfaatnya yaitu Mudah ditemukan, Situs anda akan mudah ditemukan di mesin telusur google, Pengunjung yang tepat, mendatangkan pengunjung yang benar-benar sesuai target niche dan bisa mendapatkan konversi lebih baik, Brand dan Konversi, Memaksimalkan peningkatan brand awarness sehingga lebih mudah untuk dikonversi ke berbagai macam hal. "Google ranking systems are designed to do just that : sort throught hundreds of billion of webpages in our search index to find the most relevant, usefull results in a fraction of a second, and present them in a way that helps you find what you're looking for.."
yang kedua beliau bahas mengenai Riset Kata Kunci, Mengapa dan Bagaimana Mencari data, pembuatan informasi harus berdasarkan riset pasar melalui berbagai macam tool untuk membuat informasi muncul di Google, Memahami isi konten, konten seperti apa yang akan dibuat dan seberapa relevan penyajiannya?, Memahami kompetitor, riset kompetitor untuk mengetahui tingkat kesulitan, gap konten, dan riset keyword yang tepat.
Setelah itu dilanjut oleh Ibu Elis Susiyani, S. Psi, beliau mempunyai pengalaman sebagai pengurus Osis SMP 201 dan SMK Yayasan Ibnu KMPI kecamatan Kalideres, Art terapi psikologi, pengurus Ami, Pengalaman pelatihan teater healing, pelatihan peningkatan berbasis komunitas keislaman di Jakarta, kini beliau adalah Owner El Food, Komisaris PT Karya Eksyapreneur Indonesia.
Ibu Elis menceritakan pengalamannya saat awal membangun bisnis, ia sempat frustasi karena pernah ditipu, rugi dalam membangun usaha bahkan kekurangan modal. Namun ia mampu menyelesaikan berbagai pengalaman buruknya yaitu, ketika ditipu beliau ikhlas dan tidak menyerah untuk tetap membangun bisnis, ketika rugi beliau berfikir positif dan tetap melanjutkan proses, ketika kekurangan modal ia bersilaturahmi.
Ibu Elis sangat bersemangat dalam menjalankan suatu bisnis dan mlai mengembangkannya perlahan-lahan, ia mendaftarkan diri sebagai mitra Go-Food dan Grab-Food dengan bisnisnya yaitu El Food. Bisnisnya merupakan usaha rumahan. Yang pertama beliau jelaskan adalah manfaat dan kekurangan usaha rumahan. Manfaatnya yaitu tidak perlu melakukan perjalanan kerja yang jauh, jam kerja yang sangat flexible dan tidak perlu mengeluarkan uang sewa untuk berbisnis. Sedangkan kekurangannya ialah usaha rumahan cukup membuat kita terisolasi, harus banyak bernegosiasi dengan lingkungan sekitar ditempat tinggal dan pelanggan akan merasa cukup kesulitan mencari lokasi usaha kita.
Lalu yang kedua beliau bahas adalah "Apa saja yang perlu disiapkan untuk usaha rumahan?" yaitu mengurus legalitas untuk usaha rumahan, jangan lupa untuk memperhatikan kesesuaikan lingkungan, mempertimbangkan kesesuaian rumah yang kita miliki, memperhatikan properti didalam dan diluar rumah, tanyakan pada keluarga apakah setuju jika kita membuka usaha rumahan?, Jawab dengan jujur "Apakah gaya kerja anda sesuai dengan usaha rumahan?".
Yang ketiga dibahas beliau adalah Tips usaha dengan Modal kecil, yaitu lakukan riset pasar, menggunakan modal dengan bijak, dan pilihlah lokasi yang tempat.
Salah satu bentuk promosi usaha dari rumah bisa melalui Grab, Gojek, Traveloka, dll.
beliau mengatakan "Supaya Toko kita muncul di beranda, maka kita harus sering-sering memberikan promo, entah itu discount potongan ongkir, dll. Karena semakin sering kita memberikan promo, maka toko kita akan semakin dipromosikan di aplikasi tersebut".
Pembicaraan selanjutnya diisi oleh Bapak Ari Hidayat, beliau merupakan CEO Siske Sakti, Owner Perc. Jogjacom, Kepala PPS Al Mubarok Tingkat Wustha. Beliau membahas mengenai point penting yang wajib dilakukan sebelum berwirausaha, yang pertama yaitu Pasar, dengan melihat kebutuhan, kompetitor, menganalisis dan mempertimbangkan jangkauan, yang kedua yaitu Masalah Memperhatikan sumber masalah dan apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut, yang ketiga yaitu Skill Memahami kemampuan diri dan kemampuan apa yang perlu ditingkatkan, membangun team dan jaringan yang baik.
*Dina Amalia Permatasari*
Komentar
Posting Komentar